Tips Dan Trik WhatsApp Untuk Melindungi Data Pribadi, Ini Fiturnya!

Posted on

Tips Dan Trik WhatsApp – WhatsApp telah menjadi aplikasi pesan singkat untuk jutaan orang di Indonesia yang perlu berkomunikasi dan terhubung dengan keluarga, teman, atau bahkan rekan kerja mereka.

Selain kesederhanaannya, WhatsApp juga merupakan aplikasi pesan singkat di mana privasi dan keamanan adalah yang terpenting dalam semua fungsi sehingga semua percakapan yang dilakukan oleh pengguna dirahasiakan.

Kami sering bertanya-tanya apakah mungkin untuk melakukan percakapan tentang WhatsApp tanpa orang lain tahu tentang apa pembicaraan itu.

Faktanya, ada banyak cara untuk melindungi kerahasiaan informasi yang kami bagikan di WhatsApp. Namun, fitur privasi dalam aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik jika kita tahu cara menggunakannya.

Bahkan, WhatsApp memberi para penggunanya kebebasan untuk mengatur tingkat privasi karena tidak semua aktivitas kita perlu diketahui orang lain di daftar kontak.

Apakah ada cara untuk tetap online di WhatsApp tanpa ada yang tahu? Atau bagaimana anda menyembunyikan pemberitahuan pesan untuk mencegah orang tahu?

Jika anda khawatir tentang hal-hal ini dan ingin menjaga kerahasiaan percakapan di WhatsApp, berikut adalah beberapa tips dan trik whatsapp tentang cara menggunakan fitur privasi WhatsApp yang perlu diketahui!

Enkripsi Ujung ke Ujung atau End-to-End Encryption

Tahukah anda bahwa pesan yang dikirim dan diterima melalui WhatsApp hanya dapat dilihat oleh mereka yang sedang mengobrol? WhatsApp tidak pernah menyimpan pesan di server.

Fitur enkripsi ujung ke ujung menunjukkan bahwa WhatsApp atau pihak ketiga tidak dapat membaca pesan yang dikirim melalui aplikasi ini. Enkripsi ujung-ke-ujung memberi anda privasi maksimum saat berbicara dengan orang lain.

Anda online? Sudahkah anda membaca pesan saya?

Di Indonesia WhatsApp digunakan untuk keperluan pribadi dan profesional. Namun, ada kalanya mereka membutuhkan waktu luang atau lebih banyak waktu untuk menanggapi pesan dalam aplikasi ini.

Dalam situasi ini, yang perlu Anda lakukan adalah membuka fitur privasi WhatsApp dalam aplikasi dan lakukan hal berikut:

Buka “Pengaturan”, pilih “Akun” dan pilih “Privasi”. Di sana anda dapat menonaktifkan Read Receipt atau Laporan Dibaca sehingga anda tidak melihat peringatan yang menunjukkan bahwa anda telah membaca pesan tersebut.

Katakan Tidak Kepada si Pengintip!

Beberapa pengguna mungkin ingin melihat langsung isi pesan WhatsApp yang diterima melalui notifikasi seluler. Tetapi beberapa yang lain tidak. Apakah anda tahu bahwa pengguna tidak hanya dapat menonaktifkan notifikasi untuk semua pesan yang diterima, tetapi mereka benar-benar dapat menentukan notifikasi pesan mana yang ingin dinonaktifkan?

Ini sangat sederhana: Buka “Pengaturan” dan pilih “Notifikasi.” Di sana anda dapat menentukan notifikasi mana yang ingin anda tampilkan. Ini berlaku untuk pesan pribadi dan pesan grup. Selain itu, anda dapat mengatur notifikasi untuk ditampilkan di layar sebagai banner, suara, atau getaran.

Menjaga Informasi agar Tetap Aman

Untuk memastikan kerahasiaan WhatsApp, anda tidak hanya dapat menggunakan kata sandi yang mudah diingat dan berhubungan dengan pengalaman pribadi. Masalahnya adalah bahwa karakter dapat dengan mudah ditebak dan dikenali oleh orang lain. Karena alasan ini, WhatsApp memiliki fitur verifikasi dua langkah atau Two-step Verification Syang menyimpan informasi dengan aman.

Ada dua elemen penting untuk verifikasi 2 langkah: Pertama, kode atau nomor yang dikirim melalui SMS atau panggilan telepon saat pertama kali anda mengaktifkan WhatsApp.

Kedua, PIN 6 digit yang harus anda buat sendiri. Setelah membuat PIN, anda akan diminta mendaftarkan email jika anda lupa PIN 6 digit.

Untuk mengaktifkannya, buka “Pengaturan”, pilih “Akun” dan pilih “verifikasi 2 langkah”. Kemudian masukkan PIN 6 digit anda ketika anda mendaftarkan nomor telepon dengan WhatsApp untuk kedua kalinya. Setelah aktivasi, sewaktu-waktu WhatsApp meminta anda memasukkan PIN sebelum mengakses aplikasi.

Menentukan Siapa yang Dapat Melihat Profil WhatsApp

Kami dapat menentukan siapa yang dapat melihat foto profil yang anda pasang di WhatsApp. Buka “Pengaturan” dan pilih “Akun” dan kemudian “Pribadi”. Di sana Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melihat foto profil anda, semua atau hanya yang ada di daftar kontak anda atau tidak semua. Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengatur Status, Terlihat Terakhir (last seen), Info (about) ke lokasi langsung anda (live lication).

Lihat Juga :
Download Simontox App 2019 Apk Download Latest Version Terbaru
Cara Menggunakan HTTP Injector Semua Operator
Cara Upgrade Kartu Telkomsel dari 3G ke 4G Secara Online & Offline