Sedang Ramai Hoax Tentang WhatsApp Gold Atau WhatsApp Palsu

Posted on

Sedang Ramai Hoax Tentang WhatsApp Gold Atau WhatsApp Palsu – Belakangan sedang ramai tentang keberadaan aplikasi WhatsApp palsu. Aplikasi ini disebarkan dengan nama WhatsApp Gold atau WhatsApp Plus.

WhatsApp Gold memiliki logo yang mirip dengan WhatsApp, tetapi dengan tepi emas dan pusat hitam. Sementara WhatsApp Plus juga masih menggunakan logo WhatsApp dengan tepi bingkai emas dengan menampilkan tautan di tengah.

Ketika pengguna mengklik setuju dan melanjutkan, aplikasi menunjukkan pemberitahuan telah kedaluwarsa dan pengguna diminta untuk mengunduh versi baru.

Ketika Anda mengklik unduhan, pengguna malah dibawa ke situs berbahasa Arab. Pengguna kemudian diminta mengunduh WhatsApp Watts Plus Plus.

Jika diinstal, pengguna akan diminta untuk nomor telepon. Aplikasi berhasil dijalankan. Namun, dari hasil penelitian Malwarebytes, aplikasi ini hanya menyalin kode sumber WhatsApp.

Jika digunakan, aplikasi ini diduga mengumpulkan data pada nomor ponsel pengguna, nama, dan berbagai media yang dikirim melalui WhatsApp palsu ini. Data-data ini dapat disalahgunakan.

Tidak Ada Di Toko Aplikasi Google Play

whatsapp gold

Aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store atau Apple App Store. Melainkan disebarkan melalui pesan berantai. Aplikasi ini juga menyebar dari komentar di blog dan forum online.

Untuk memikat pengguna agar mengunduh aplikasi jahat ini, penyebar pesan sengaja memberi iming-iming bahwa aplikasi baru telah digunakan oleh artis terkenal.

Penerima pesan juga terpikat karena versi eksklusif WhatsApp Gold dapat mengirim ratusan foto dalam satu kali pengiriman, emoji baru, panggilan video, peningkatan keamanan.

WhatsApp Plus juga menjanjikan pengguna untuk dapat menyembunyikan notifikasi “typing messege“, mengecek tanda centang, dan memeriksa biru pada pesan yang telah dibaca.

Semua godaan ini tentu saja bohong. Aplikasi WhatsApp palsu sebenarnya sudah sibuk sejak 2016. Namun pesan penipuan melalui internet, yang dikenal sebagai penipuan, masih hidup.

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Pengamanan?

Jadi bagaimana jika Anda sudah menginstal aplikasi ini? WhatsApp merekomendasikan untuk menghapus aplikasi dengan segera.

Pengguna juga disarankan untuk menunggu 24 jam sebelum menggunakan aplikasi WhatsApp asli yang tersedia di toko aplikasi resmi, The Independent mengutip.

Untuk menghindari penipuan semacam ini, bagi pengguna Android tidak pernah tertarik untuk mengunduh aplikasi atau jika itu diberikan file yang diakhiri dengan (.apk) dari pesan berantai atau dari internet. Selalu unduh aplikasi dari toko aplikasi resmi.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati saat mengunduh dari toko aplikasi resmi, pastikan pembuat aplikasi adalah nama pengembang yang benar. Misalnya, aplikasi WhatsApp asli dibuat oleh pengembang bernama WhatsApp Inc.

Anda dapat memeriksa di internet untuk nama pengembang aplikasi asli jika Anda ragu untuk mengunduh aplikasi.

WhatsApp saat ini memiliki 315 juta pengguna aktif harian berdasarkan data pada pertengahan 2017. Jadi tidak mengherankan bahwa banyak orang bertindak atas nama aplikasi ini untuk menipu pengguna internet.

Demikianlah pembahasan tentang WhatsApp Gold ini. Berhati-hatilah dalam menggunakan sosial media, agar kita semua terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Semoga bermanfaat.

Lihat Juga :