Cara Menggunakan Kartu E-Toll di GTO (Gerbang Toll Otomatis)

Posted on

Cara Menggunakan Kartu E-Toll di GTO – Jasa Marga secara resmi menerapkan penggunaan non-tunai atau e-tol di semua jalan tol yang beroperasi di Indonesia. Ada beberapa konsumen yang ternyata salah ketika menggunakan e-toll, akibatnya mesin tidak dapat membaca kartu dengan benar. Inilah cara yang tepat untuk menggunakan kartu e-toll yang benar.

Kadang-kadang mungkin karena terburu-buru, pengguna kartu e-toll hanya menempelkan kartu ke mesin atau bahkan menggosokkannya ke dalam mesin atau kartu lengket dikeluarkan dan kemudian ditempelkan kembali. Tahukah Anda jika itu tidak benar dan membuat mesin tidak dapat membaca kartu Anda.

Cara Menggunakan Kartu E-Toll Yang Benar

cara menggunakan kartu e-toll

Caranya :

  1. Cukup tempelkan kartu Anda sekali ke dalam mesin dan tunggu lampu hijau menyala.
  2. Kartu dapat digunakan bolak-balik atau bagian depan belakang tidak masalah, mesin masih bisa membaca.
  3. Jika metode penggunaannya benar, Anda hanya perlu 2-3 detik untuk melanjutkan.

Mengenai penggunaan tongtol (tongkat tol) itu tidak masalah karena dapat membantu pengemudi yang tidak dapat mencapai mesin. Penggunaan penjepit ini juga tidak mempengaruhi kinerja kartu atau mesin.

Intinya cukup tempelkan sekali dan menunggu lampu hijau menyala, sederhana bukan? Dan satu hal penting lainnya, selalu perhatikan layar monitor agar Anda tahu berapa sisa saldo kartu Anda.

Jika saldo kartu Anda habis, Anda dapat mengisi ulang di ATM atau di minimarket seperti Alfamart atau Indomaret, yang biasanya berharga Rp1.000.

Anda juga dapat mengisi ulang di pintu tol tetapi sayangnya tidak semua gardu melayani layanan isi ulang, hanya gardu tertentu dengan kata-kata “Isi ulang e-money di sini” harganya mulai dari Rp. 50 ribu hingga Rp. 300 ribu.

Penggunaan kartu sudah benar, saldo juga cukup kenapa mesin masih tidak mau membaca alias dari transaksi gagal. Wah, apakah mesinnya rusak?

Tenang, di setiap gardu pasti ada petugas yang selalu siap untuk membantu Anda jika sewaktu-waktu mesin rusak.

Pihak-pihak terkait haruslah Bank atau pemerintah, dalam hal ini jasa marga harus menyiapkan alat pendukung program e-toll dengan benar. Kondisi mesin harus siap setiap hari dan harus 100% OK.

Demikianlah Cara Menggunakan Kartu E-Toll di GTO (Gerbang Toll Otomatis). Semoga bermanfaat.

Lihat Juga :