Mengganti DNS

Posted on

Mengganti DNS – Dari Default Menjadi Google DNS, Open DNS Agar Koneksi Cepat

Mengganti DNS - Dari Default Menjadi Google DNS, Open DNS Agar Koneksi Cepat

Mengganti DNS –  Adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh pengguna yang ingin menterjemahkan atau bahkan mengubah nama dari Domain yang digunakan menjadi Alamt IP. Ini akan sangat membantu mengingat  banyaknya Alamat IP yang tidak harus kita hafal jika ingin menggunakan.

Dengan Mengganti DNS menjadi Alamat IP akan mempengaruhi pemetaan Host Name dari sebuah Komputer ke Alamat IP tertentu. Dengan kata lain DNS adalah database dari pendistribusian data informasi untuk membantu pengguna menemukan informasi pada Internet.

Untuk Mengganti DNS menjadi Alamat IP, maka Anda perlu memperhatikan metode yang kami bagikan berikut ini, simak ulasannya berikut sampai selesai :

 

  1. Langkah Untuk Mengganti DNS Default Menjadi Google DNS

Langkah untuk Mengganti DNS – Dari Default Menjadi Google DNS, Open DNS Agar Koneksi Cepat, dapat Anda lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal ini kerap dilakukan agar koneksi jaringan yang digunakan saat aktifitas jelajah Internet menjadi semakin lancar.

Jika kita melihat pengguna Internet saat ini yang telah melampaui batas maksimal, maka wajar saja ada kelambatan dalam melakukan daring. Untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk Mengganti DNS – Dari Default Menjadi Google DNS, Open DNS Agar Koneksi Cepat. Apa sajakah langkah yang harus dilakukan? Lihat penjelasannya berikut ini:

 

1.1 Cara Mengganti DNS Menggunakan Control Panel

Seperti yang kita ketahui bahwa GOOGLE memang memiliki DNS dengan nama Google DNS. Yang memiliki alamat server 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 yang telah lama dipublikasikan oleh perusahaan Google itu sendiri bagi pengguna. Jika Anda ingin Mengganti DNS default Anda menjadi Google DNS, maka ikuti intruksi yang kami jelaskan berikut ini dengan benar:

  1. Pertama lakukan klik kanan pada ikon jaringan dengan gambar tertentu sesuai dengan sambungan jaringannya ( gambar sinyal atau gambar komputer ).
  2. Pilih sambungan yang sesuai dengan keinginan Anda
  3. Lalu lanjutkan dengan memilih Properties yang tampak dilayar monitor Anda
  4. Lanjutkan dengan mengklik 2x pada Internet Protocol Version 4 atau TCP/IPv4
  5. Tekan pada menu Gunakan Alamat Server DNS berikut (Use The Folowing DNS Server Addresses)
  6. Berikutnya isilah DNS yang sesuai keinginan pada laman Preferred DNS Server atau Alternate DNS Server
  7. Jika telah selesai maka lanjutkan dengan mengklik OK
  8. Selesai

Jika langkah diatas belum berhasil, mungkin ada lengkah yang terlewatkan. Untuk itu Anda perlu mengulang untuk melakukannya dengan benar. Tetapi jika menurut Anda langkah diatas terlalu sulit, maka Anda dapat mencoba langkah berikut ini untuk Mengganti DNS.

 

1.2 Cara Mengganti DNS Menggunakan Settings

Cara yang satu ini juga dapat Anda jadikan rujukan jika ingin Mengganti DNS default ke Google DNS. Mengenai langkah yang harus dilakukan, Anda dapat mengikuti intruksi berikut ini:

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah mengklik kanan pada ikon windows yang terdapat dimenu taskbar komputer Anda.
  2. Atau Anda juga dapat melakukakn cara lain yaitu dengan menekan tombol Windows + X di keyboard komputer Anda dan klik pada Network Conections
  3. Setelah itu lakukan Scroll Down menggunakan Mouse sampai menemukan IP Settings dan tekan pada tombol edit IP Assignment
  4. Lanjutkan dengan menekan tulisan Automatic atau DHCP ( tanda panah kebawah )
  5. Klik manual
  6. Klik IP4 jadi ON
  7. Berikutnya isilah IP Addresses > Subnet Prefix Lenght > Gateway > Prefered DNS > Alternate DNS
  8. Lihat informasi pengisian pada Command Prompt
  9. Tekan di Command Prompt/ CMD > Ikon Pencarian > klik Command Prompt > Pilih Command Prompt
  10. Lalu input pada Command Prompt “ipconfig / all lalu Enter
  11. Geser kursor kearah bawah sampai pad Wireless LAN Adapter Wi-Fi
  12. Setelah itu Anda buka lagi Edit IP Setting dan isi kolom sesuai CMD
  13. Klik simpan/ Save (IP Address : IP4 Address dengan penambahan satu angka dibelakangnya) dan (Subnet Prefix Length : Subnet Mask di CMD) > (Gateway : Default) > (preferred dns : google dns 8.8.8.8) > (Altrenate dns : google dns 8.8.4.4)
  14. Tekan pada tombol back
  15. Matikan akses Wifi dan hidupkan kembali jaringan Wifi
  16. Buka CMD lalu lanjutkan dengan mengetik ipconfig / all lalu enter
  17. Maka semua DNS akan berubah sesuai dengan yang Anda isi
  18. Untuk langkah pengujiannya maka ketik di CMD > ping 8.8.8.8 –t kemudian Enter
  19. Maka akan muncul ikon jika Anda berhasil
  20. Tetapi jika gagal maka akan timbul tulisan requested time out, itu berarti Anda gagal Mengganti DNS Anda.
  21. Selesai

 

  1. Mengganti DNS Menjadi Open DNS

Selain di atas, Open DNS dapat memperluas jaringan Anda. Alamat DNS terbuka adalah 208.67.222.222 dan 208.67.220.220. Dari sudut pandang keamanan, Open DNS ideal untuk memblokir situs yang mencurigakan dan dikenal karena sejarah pencuriannya. Cara mengubah ini persis dengan metode pertama dan kedua, alamat DNS saja berbeda dari Google DNS.

  1. Mengubah DNS ISP ke Open DNS sama dengan mengubah DNS Google (Ikuti langkah 1 – 17). Tetapi masukkan DNS Favorit dengan 208.67.222.222 dan DNS Alternatif dengan 208.67.220.220
  2. Untuk memeriksa maka buka CMD lalu Ketik: ping 208.67.222.222 lalu lanjutkan dengan Tekan Enter.
  3. Jika layar CMD Anda tercantum maka Anda telah mengubah DNS ISP Anda untuk mengaktifkan DNS. Namun, jika dokumen yang diterbitkan diminta untuk kedaluwarsa, Anda gagal.

 

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang Mengganti DNS – Dari Default Menjadi Google DNS, Open DNS Agar Koneksi Cepat. Semoga ini bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Baca Juga :