Cara Aktifkan Google Assistant Bahasa Indonesia di Android

Posted on

Cara Aktifkan Google Assistant Bahasa Indonesia di Android – Sekarang layanan aplikasi asisten Google telah mendukung perintah dalam Bahasa Indonesia.

Ya, jika selama ini Asisten Google Indonesia hanya dapat digunakan pada layanan aplikasi Google Allo, sekarang semua teman telah dapat mengaktifkan dukungan bahasa Indonesia di Google Assistant secara langsung, tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi lain.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari berbagai sumber, diketahui bahwa layanan Google Assistant dalam bahasa Indonesia dapat digunakan untuk membantu berbagai aktivitas pengguna saat menggunakan smartphone, tablet maupun smartwatch secara online.

Seperti membuat panggilan telepon menggunakan perintah suara, mengirim pesan singkat, mengirim WhatsApp pesan dengan mudah, pasang alarm, atur pengingat, untuk membuka aplikasi lain yang diinstal pada smartphone.

Sekarang, sehubungan dengan penambahan dukungan bahasa Indonesia di layanan Google Assistant, maka pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk berbagi informasi tentang cara mengaktifkan Google Assistant bahasa Indonesia pada smartphone Android.

Cara Mengaktifkan Google Assistant Bahasa Indonesia di Android

cara setting google assistant bahasa indonesia

Syarat & Ketentuan

  1. Smartphone sudah Android 5.0 (Lollipop) atau di atasnya (Marshmallow, Nougat dan Oreo).
  2. Terisntall aplikasi Google (Google App) versi 6.13 ke atas.
  3. Terinstall layanan Google Play.
  4. Memori minimal 1.4 GB.
  5. Resolusi layar 720p.

Langkah-langkah

Jika kondisi ini telah dipenuhi, maka Anda dapat memulai langkah-langkah untuk mengaktifkan bahasa Indonesia di layanan Google Assistant dengan cara berikut:

  1. Lakukan perintah suara ‘Ok Google’ atau ‘Hey Google’
  2. Setelah layanan Google Assistant muncul, akses halaman pengaturan yang terletak di sudut kanan atas layar Google Assistant
  3. Selanjutnya, pada halaman daftar pengaturan, akses opsi pengaturan telepon (Phone)
  4. Langkah selanjutnya, cari dan pilih pengaturan bahasa Google Asisten (Bahasa Asisten)
  5. Pada tahap ini Anda akan diarahkan ke daftar pengaturan bahasa smartphone Android. Untuk mengaktifkan bahasa Indonesia di layanan Google Assistant, tentu saja Anda harus memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa utama yang digunakan.

Sekarang, setelah mengaktifkan bahasa Indonesia di layanan Google Assistant, Anda dapat mulai memberikan perintah suara yang Anda inginkan dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.

Lihat Juga :