Cara Menggunakan DNS Google

Posted on

Bagaimana Cara Menggunakan DNS Google Pada OS

Cara Menggunakan DNS Google Pada Windows dan OS Lainya

Cara Menggunakan DNS Google – Sudahkah Anda mengenal atau menggunakan DNS Google? Penyedia Layanan Internet Lokal (ISP) terkadang tidak menyediakan layanan nama domain cepat (DNS) seperti Google DNS. Bahkan terkadang hubungannya sangat lambat. Karena itu, Anda perlu mengubah DNS yang disediakan oleh ISP untuk mempercepat koneksi.

Sekarang ada sejumlah penyedia DNS publik yang dapat Anda tempatkan DNS default dari ISP, seperti server DNS milik Google (Google Public DNS). Google DNS dirancang untuk mempercepat proses pencarian dan menyediakan koneksi yang aman.

Bagaimanakah cara menggunakan DNS Google Dan Cara Menggunakannya atau apa fungsi dari DNS itu sendiri? Simak ulasan kami berikut ini :

Berbagai Kegunaan Dari DNS

  1. Percepat pencarian

Layanan DNS Google pada dasarnya menggunakan jaringan server mana pun. Selain itu, Google sedang menjajaki cara untuk mengurangi latensi selama kueri sisi server. Selain itu, Google membuat beberapa perbaikan pada infrastruktur manajemen cache.

  1. Keamanan

Ini digunakan untuk memperkuat informasi spesifik dalam bahasa sumber dalam peningkatan serangan atau teknik terjemahan.

  1. Proses aplikasi tanpa arah

Satu keuntungan dari DNS Publik Google adalah tidak ditargetkan ulang saat tidak online. Google DNS tidak melakukan ini, tetapi memberikan hasil permintaan yang memenuhi persyaratan asli. Oleh karena itu, jika domain tidak ada atau ada masalah dengan mengetikkan nama domain, pengguna akan menerima respons NXDOMAIN, yang akan memberi tahu pengguna bahwa mereka bisa mendapatkan nama domain yang tidak dikenal alih-alih menyambung ke server DNS.

  1. Lokasi geografis yang luas

Ini mungkin bukan kasus untuk DNS yang terkunci (DNS pribadi). Namun, untuk DNS publik, pengguna server tertarik pada seberapa dekat mereka. Selain itu, semakin jauh pengguna dari server, semakin tinggi penundaan yang diterima. Jadi pilihan server DNS tidak jauh dari tempat server web berada. Tentu saja, infrastruktur digunakan oleh aktor mana pun untuk mengirim respons dari server jaringan geografis ke pusat data terdekat.

  1. DNS over HTTPS

Google Public DNS Meningkatkan Akses DNS oleh HTTPS atau Koneksi DNS oleh HTTPS Encoding. Mencegah korupsi DNS terenkripsi melalui HTTPS, mencegah mendengarkan, dan meningkatkan keamanan komunikasi antara pengguna dan Google Public DNS.

Mengapa Harus Menggunakan DNS

DNS adalah komponen penting dari infrastruktur jaringan. Seperti jaringan telegraf DNS, buku telepon dengan daftar nomor telepon tersedia di seluruh dunia. DNS memelihara semua domain jaringan dalam jaringan.

Saat Anda mengunjungi situs web, perangkat Anda menjalani proses pemindaian DNS, yang biasa disebut pemindaian DNS. Proses pencarian ini dilakukan oleh server DNS Internet, bukan oleh browser, komputer, atau server jaringan. Server DNS ini dapat menemukan server web melalui alamat IP yang tersimpan di browser.

Situs web kompleks memerlukan beberapa pemeriksaan DNS sebelum memuat. Karena itu, server DNS harus mempercepat proses pencarian. Jika server DNS disalahgunakan, itu pasti akan mempengaruhi kecepatan pencarian.

Kemajuan teknologi akan meningkatkan pencarian DNS dan memperlambat proses pencarian. Tingkatkan hasil pencarian yang dihasilkan oleh situs web dengan membeli sumber yang didistribusikan di berbagai industri. Ini menciptakan proses pencarian web yang mencakup sebagian besar proses pencarian yang dilakukan oleh Penampil DNS.

Sebagai penyedia mesin pencari terbesar, Google sekarang telah meluncurkan layanan DNS yang dapat mengatasi masalah ini. Google membuat banyak peningkatan dalam kinerja server DNS dalam hal keamanan, kinerja, dan beberapa kondisi konfigurasi. Google DNS juga menyediakan layanan jaringan yang aman dan cepat dengan root akun ini.

Cara Mengoperasikan DNS

Bergantung pada alat yang Anda gunakan, Anda dapat mengaktifkan Google DNS dengan mengikuti di bawah ini. Sangat mudah untuk mengkonfigurasi Google DNS di Windows, karena Anda hanya perlu beberapa klik untuk memasukkan alamat IP dari server DNS.

  • Buka Jaringan

Klik pada gambar “Jaringan” dan kemudian klik “Pusat Pengembangan dan Berbagi Jaringan”.

  • Buka Pengaturan Koneksi Jaringan

Kemudian klik “Ubah Pengaturan Adaptor” untuk melihat tautan yang tersedia.

  • Pilih tautan yang ingin Anda ubah

Di bawah “Network Connection”, klik kanan tautan yang ingin Anda ubah alamat IP DNS dan pilih “Properti”. Anda dapat menyesuaikan tautan mana yang ingin Anda ubah. Jaringan lokal biasanya merupakan koneksi jaringan dari LAN. Pada saat yang sama, konfigurasikan opsi yang dapat digunakan jika Anda menggunakan Wi-Fi.

  • Pilih jenis koneksi

Pilih “Internet Protocol 4” (TCP / IPv4) “tab”, lalu klik “Properties”.

  • Masukkan alamat

Dalam daftar “Internet Protocol 4 (TCP / IPv4)”, ada pengaturan DNS yang dapat Anda ubah. Pilih Gunakan alamat DNS dan kemudian masukkan IP DNS, yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. klik simpan

  • Jalankan DNS pada Windows

Penyimpanan DNS yang ketinggalan zaman memberikan informasi yang tidak pantas saat mengunjungi situs web.

Cara Menggunakan DNS Linux

Dalam beberapa ekstensi file ini biasanya dapat ditempatkan di folder /etc/resolv.conf dan diakses melalui terminal. Buka terminal lalu edit file reseller v.conf, lalu tambahkan “nameserver 8.8.8.8” ke file tersebut tanpa menyebutkan nama ganda. Anda sekarang disederhanakan dengan sebagian besar server DNS yang disebut DNS bebas atau publik. Setiap layanan memiliki alamat IP yang berbeda.

  1. Open DNS

mengelola penyedia layanan jaringan perangkat keras dan lunak yang berhubungan dengan jaringan komputer DNS terbuka. Alamat IP DNS adalah 208.67.222.222, 208.67.220.220

  1. DNS.Watch

DNS.Watch adalah server DNS ketiga gratis yang tidak mencatat, sehingga informasi aman. Alamat IP DNS 84.200.69.80, 84.200.70.40

  1. Commodity Safe DNS

Commodore menyediakan server DNS aman yang didistribusikan secara global, membuatnya lebih cepat daripada menggunakan DNS yang disediakan oleh ISP. Alamat IP DNS 8.26.56.26 8.20.247.20

  1. Cloud Flyer

Cloudflare DNS adalah layanan DNS baru. Anda dapat melihat artikel kami di CloudFlyer DNS untuk informasi lebih lanjut. Alamat IP DNS 1.1.1.1, 1.0.0.1

  1. Quad9 DNS

Quad9 DNS juga merupakan penyedia DNS publik yang terkenal. Server DNS ini melihat dan menutup situs web yang dikloning, sehingga pengguna tidak dapat mengaksesnya. Ekspektasi penyalahgunaan dan serangan informasi ini dapat terjadi melalui situs web. Alamat IP DNS adalah 9.9.9.9

  1. Sertifikat

Versi ini juga menyediakan layanan DNS publik yang dapat Anda gunakan. Alamat IP DNS adalah 64.6.64.6, 64.6.65.6

Kesimpulan

Ada banyak server DNS publik saat ini. Salah satunya Google Public DNS. Jika Anda menggunakan layanan DNS publik ini, Anda dapat memastikan keamanan dan kecepatan. Sangat mudah untuk mengkonfigurasi di sistem operasi yang berbeda.

Selain Google, server DNS lain CloudFlare, Versace. Anda dapat menggunakan berbagai server DNS ini untuk menentukan yang mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga ini bermanfaat bagi Anda.

 

Baca Juga :